Kamis, 06 Juni 2013

ISTILAH - ISTILAH DALAM MULTIMEDIA


   
ISTILAH-ISTILAH MULTIMEDIA
1)     Capture : Perekaman video atau gambar ke Harddisk Komputer.
2)    Clip : Bagian kecil dari movie. Clip dapat berupa audio, video, gambar atau judul.
3)    WEB BROWSER : program komputer yang digunakan untuk menampilkan webpage. Contoh web browser : netscape navigator, internet explorer, dan lain-lain.
4)    WEBCAM : adalah sebuah kamera kecil yang digunakan untuk mengambil gambar / beberapa gambar (video) dari user internet yang berada di depan komputer / internet device.
5)    Credit Title : Penampilan nama-nama kru produksi serta para pendukung acara.

 
6)    Cut and Hold  : Perintah dari sutadara agar adegan diberhentikan namun para pemeran tetap berada dalam posisinya. Pada kasus ini, sutradara mungkin ingin memeriksa pencahayaan, posisi, atau adegan lain yang berkaitan.
7)    MIDI : Musical Instrument Digital Interface. Merupakan standar untuk menghubungkan komputer dengan instrumen musik elektronik dan pemrosesan efek khusus.
8)    MPEG1 : Standart untuk video dan audio kompresi yang digunakan untuk pembuatan VCD. Type NTSC, mempunyai resolusi video 352×240 pixels pada 29.97 fps (frame per second). Untuk PAL, resolusinya 352×288 pixels dengan 25 fps.
9)    MPEG2 : Merupakan perkembangan dari MPEG1. Standart untuk video dan audio kompresi yang digunakan untuk pembuatan DVD. Type NTSC DVD, mempunyai resolusi video 720×480 pixels pada 29.97 fps. Untuk PAL DVD, bekerja pada resolusi 720×576 pixels dengan 25 fps.
10)  MP3 - MPEG LAYER 3 : Sebuah format rekaman audio digital terkompresi. Format MP3 disusun berdasarkan algoritma yang dikembangkan oleh Karlheinz Brandenburg dari Universitas Fraunhover, Jerman. Teknologi ini memungkinkan format rekaman audio digital dengan kualitas mendekati CD memiliki ukuran yang relatif kecil sehingga dapat didistribusikan dan di-download via internet.
11)   MP4 : adalah jenis format file suara yang memiliki tingkat kompresi suara yang baik, dimana file suara sebesar 60 MB dapat dikompresi hingga 2 MB saja, tetapi tidak meninggalkan kulitas suara yang dihasilkan. Digunakan untuk file-file musik yang dapat di-download di internet.
12)  MPEG : Motion Picture Expert Group. Sebuah nama populer untuk format file multimedia terkompresi. Pada mulanya MPEG digunakan untuk kompresi data audio-video pada VCD, namun belakangan dikembangkan menjadi format MP3
13)  GIF : Graphics Interchange Format. Sebuah format standar untuk file grafis (image) terkompresi. File GIF menggunakan teknik kompresi non-lossy sehingga lebih cocok untuk diterapkan pada image yang tidak terlalu kompleks dengan jumlah warna yang sedikit. Untuk image yang lebih kompleks, biasanya digunakan format JPEG.
14)  JPEG : Joint Photographic Experts Group. Format file gambar (image) yang dikompresi dengan metode lossy. Format ini cocok diterapkan pada file image yang kompleks dengan jumlah warna yang banyak.
15)  WEBMASTER : seorang yang bertanggungjawab untuk membuat dan memelihara situs web yang bersangkutan. 
16)  WEB PAGE : adalah halaman yang dapat ditampilkan di sebuah website di internet, yang dapat menampilkan, teks, gambar, bahkan suara, animasi dan video. 
17)  WEBSITE : adalah sebuah kumpulan halaman (webpages) yang di awali dengan halaman muka (homepage) yang berisikan informasi, iklan, serta program interaksi.
18)  OBJECT 3D : adalah obyek-obyek seperti pada kehidupan sehari-hari yang dapat ditampilkan secara visual tiga dimensi pada webbrowser dengan bantuan Plugin tertentu.
19)  MEDIA PLAYER : adalah player multimedia yang dapat dijadikan sebagai plugin pada webbrowser untuk memainkan format file video AVI dan MPG. Dikembangkan oleh Microsoft Corp., http://www.windowsmedia.com/
20) MOV : adalah jenis format file video Quicktime Movie yang dikembangkan oleh Apple Computer Inc.. yang dapat di-download melalui internet, dengan jumlah ukuran file yang cukup besar, dan dengan kualitas gambar dan suara yang cukup baik.
21)  MPEG (MPG) : adalah jenis format file video yang dapat di-download melalui internet, dengan jumlah ukuran file yang cukup besar, dan dengan kualitas gambar dan suara yang sangat baik.
22) WEB DESIGNER : seorang yang bertanggungjawab untuk menyusun layout dan membuat grafik yang ditampilkan di dalam situs web. 
23) WEB DEVELOPER : seorang yang bertanggungjawab untuk membuat program-program interaksi yang terdapat dalam sebuah situs web.
24) QUICK TIME : adalah player multimedia yang dapat dijadikan sebagai plugin pada webbrowser untuk memainkan format file video QuickTime Movie. Dikembangkan oleh Apple Computer
25) REAL PLAYER : adalah player multimedia yang dapat dijadikan sebagai plugin pada webbrowser untuk memainkan format file suara RealAudio dan format file video RealVideo. Dikembangkan oleh RealNetworks
26) SCRIPT : adalah kumpulan perintah yang disusun dalam bahasa komputer tertentu (Java, VisualBasic, CGI/Perl) untuk melakukan sebuah program interaktif atau animasi dalam sebuah webpage.
27) FREEWARE: Aplikasi yang penggunaannya dapat dilakukan secara bebas, tidak terbatas oleh waktu dan biasanya ditujukan untuk penggunaan personal dan bukan komersial.
28) OPEN SOURCE: Piranti lunak yang diperbolehkan untuk melakukan modifikasi, pengembangan lanjut dan pendistribusian secara bebas
29) KOMPRESI : Suatu teknik pemampatan data sehingga diperoleh file dengan ukuran yang lebih kecil daripada ukuran aslinya. Kompresi bekerja dengan mencari pola-pola perulangan pada data dan menggantinya dengan sebuah penanda tertentu. Ada dua jenis metode kompresi, yaitu non-lossy dan lossy. Kompresi yang bersifat non-lossy tidak menghilangkan informasi-informasi dalam file asli sehingga cocok diterapkan untuk file dokumen. Sebaliknya, metode lossy menghilangkan informasi yang dianggap tidak signifikan. Biasanya teknik ini diterapkan pada file multimedia berukuran besar, misalnya pada format file JPEG (image), MPEG (video) dan MP3 (audio)
30) XVCD/XSVCD : Sama dengan format dasar (VCD/SVCD) yg memiliki resolusi dan bit-rates tinggi (spt VCD/SVCD).tetapi format XVCD/XSVCD biasanya tergantung oleh player yg akan di gunakan (umunya tdk semua support sept VCD). X(S)VCD adalah bukan standar resmi. dan biasanya hanya di gunakan pribadi untuk home-ripping oleh orang2 yg memang tdk ada niat utk di perjualbelikan.
31)  Extreme Long Shot (XLS)  : Gambar diambil dari jarak sangat jauh, yang ditonjolkan bukan objek lagi tetapi latar belakangnya. Dengan demikian dapat diketahui posisi objek tersebut terhadap lingkungannya.
32) Clapper Boards : Sepasang papan berengsel yang diketukkan sebagai tanda dimulainya shooting. Papan ini berisi sejumlah informasi antara lain titel produksi, nomor adegan (scene), produser, dan tanggal shooting adegan. Informasi pada papan ini dicatat oleh pencatat adegan yang kemudian akan memberi catatan tambahan tentang keberhasilan adegan yang di-shooting. Informasi ini juga terrekam oleh kamera video, yang kelak akan memudahkan proses editing video untuk memilih potongan gambar mana yang akan dipakai dan dirangkai dengan gambar lainnya.
33) CAMRip : CamRip biasanya di ambil atau di rekam dari suatu bisokop dengan mengunakan a digital video camera (atau jenisinya). biasanya film jenis ini sangat buruk kualitasnya di karenakan oleh sudut pengambilan yg kurang baik, atau goncangan camera. serta kualitas suara yg buruk karena mengunakan onboard microphone pada camera tersebut.
34) VHSRip : VHSRip adalah hasil transfer dari kaset VHS (biasanya dari video VHS) seperti olahraga,video dsb,yg di convert dalam bentuk SVCD/VCD/Divx/Xvid.
35) CVD : kombinasi dari format VCD dan SVCD yg umumnya supoort dengan kebanyakan DVD players. dan support MPEG2
bit-rates SVCD, dengan menggunakan resolusi 352×480(ntsc). umumnya orang jarang sekali ada yg merelease dalam format CVD
36) DivX Re-Enc: seuatu jenis format yg di ambil dari sumber VCD asli dan kemudian di re-encoded menjadi kecil seperti DivX file. biasanya format seperti itu hanya di temukan pada file sharing.
37) Frame : Gambar tunggal pada movie
38) Tracking : gerakan kamera dengan arah maju dan mundur atau depan belakang, bisa dengan bantuan doly atau rel kereta. Track In gerakan maju ke depan dan Track Out gerakan mundur ke belakang.
39) VHSRi : hasil transfer dari kaset VHS (biasanya dari video VHS) seperti olahraga,video dsb,yg di convert dalam bentuk SVCD/VCD/Divx/Xvid.
40) TELESYNC (TS) : Telesync sama dengan cam hanya bedanya menggunakan eksternal Audio (seperti mic dengan konektor audio jack). meskipun menggunakan sumber suara eksternal spt itu,tidak menjamin kualitas audio akan menjadi bagus karena bisa juga terjadi ganguan suara dari luar.(seperti orang batuk,jalan dsb) umunnya TELESYNC film di ambil dari bioskop yg kosong (tanpa penoton) atau dari projection yg diambil oleh professional camera sehingga hasilnya juga jauh lebih baik dari CAM baik dari segi gambar dan sudut pandang.
41)  TvRip:  format yg di ambil dari media Tv seperti acara,olahraga,berita,wawancara dsb. baik yg berasal dari TV cable/stellite . PDTV (Pure Digital Television) memiliki kualitas yg baik,yg di ambil dari TV PCI card (atau Tv tunner) umumnya kualitasnya lebih baik. dan semua jenis itu di convert dalam bentuk SVCD/VCD/Divx/Xvid.
42) DivX / XviD : format disain untuk multimedia yg menggunakan 2 codecs (one low motion dan one high motion),biasanya banyak film2 lama hanya mengunakan encoded low motion. DivX / XviD menggunakan format MPEG-4. DivX / XviD condec memiliki kompresi yg kecil dengan kualitas yg bagus (sehingga di jadikan standar multimedia). umunya DivX / XviD diambil dari DVDs dan dengan waktu yg agak panjang (umum nya lebih dari 2 jam) dengan kualitas bagus.
43) CVD :  kombinasi dari format VCD dan SVCD yg umumnya supoort dengan kebanyakan DVD players. dan support MPEG2
bit-rates SVCD, dengan menggunakan resolusi 352×480(ntsc). umumnya orang jarang sekali ada yg merelease dalam format CVD.
44) DVD-R :  recordable DVD seperti (DVD-RAM, DVD-R and DVD+R) dengan kapasitas 4,7 GB dalam satu sisi. dan dua sisi
DVD-R memiliki ukuran yg lebih besar mendekati 10 GB.umunya DVD-R di gunakan utk film dengan durasi di atas 2 jam.
45) MiniDVD :  format yg sama seperti DVD tetapi dalam standard ukuran kecil seperti CDR/CDRW. karena besarnya resolusi dan bit-rates maka MiniDVD hanya bisa muat sekitar 18-21 menit saja. dan format MiniDVD hanya support di beberapa player saja.
46) NTSC/PAL :  2 jenis standart TV yg banyak di gunakan. NTSC memiliki frame yg lebih tinggi di bandingkan dengan PAL (perbandingan nya 29fps dengan 25fps) penggunaan format NTSC banyak di gunakan di negara2 seperti USA,Canada,Jepang,korsel,Philipina,mexico dan beberapa negara amerika latin lain nya. sedangkan format utk PAL banyak di gunakan di kawasan asia barat,selatan,tengara,dan beberapa asia timur,Eropa,afrika dan beberapa negara amerika latin.
47) Codec : Dari kata COmpress and DECompress. Semua video pada komputer menggunakan algoritma khusus atau program untuk menjalankan playback video. Program ini disebut codec.
48) VCD : dasar format mpeg1 dengan constant bitrate 1150kbit pada resolusi 352×240 (NTCS). VCD biasanya di gunakan untuk transfer dengan kualitas rendah seperti (CAM/TS/TC/Screener(VHS)/TVrip(analogue) di buat dengan ukuran yg kecil dan layak dalam satu jenis ukuran disk (cd 650Mb). biasanya jenis format VCDs dan SVCD umunya lebih mengunakan ukuran waktu di banding Mb.
49) SVCD : dasar format mpeg2 (sama dengan DVD). dengan bit-rates di atas 2500kbitspada resolusi 480×480 (NTSC)
dengan decompressed kedalam 4:3 aspect ratio pada saat play back. karena perbedaan bit-rate dan lebih panjang di banding dengan VCD maka tdk akan muat di masukan ke dalam single CDR.
50) SHOCKWAVE :jenis program multimedia dan animasi, gambar dan suara yang dikembangkan oleh perusahaan Macromedia Inc., untuk digunakan pada webpages, sehingga dapat ditampilkan di internet. Dengan bantuan Plugin tertentu.
51)  UNZIP : sebuah program untuk menguraikan data-data yang ada di dalam paket data (*.ZIP) ke sebuah directory.
52) BIN/CUE : sebuah disk image (isi keseluruhan dari CD/DVD) biasanya film/data yg di dapat dari hasil Download berupa file BIN/CUE bisa di buka dengan menggunakan Daemon Tools,virual disk dll.
53) NFO : sejenis file film yg biasa di supplied (oleh uploeder/group) untuk mempromosikan group tsb. isi file tsb umumnya adalah informasi mengenai relese,seperti format,source/sumber,ukuran dan catatanlain yg di tambahkan yg mgk berguna. dan biasanya mereka (group yg membuat file NFO) menggunakan itu utk merengkut member utk bergabung di groupmereka.
54) SFV (Simple file verification) : file format ini biasanya di gunakan utk ganguan CRC32 checksums. (kebenaran isi data tersebut tanpa ada nya korup) biasanya para uploeder meyertakan file ini. dan utk memastikan file yg di upload tsb tdk mengalami korupsi data. dan jg file tsb bisa menjadi pengangan buat orang yg mendownload utk mengecek semua file yg di downloadnya.utk mengecek fileSFV bisa menggunakan program seperti pdSFV atau hkSFV
55) PAR:  salah satu program untuk menecek dan merecovery sebuah file yg hilang (korup waktu upload/download) saya sendiri sering menggunakan PAR utk menegcek file yg saya download dari grabit (biasanya file2 binaries) program yg di gunakan adalah QuickPar.
56) DVDRip : Copy dari final released DVD.yg di Convert menjadi file berbentuk SCVD dan Divx/Xvid dengan kualitas yg cukup baik. (biasanyatergantung dari master DVD yg ingin di Convert)
57) DVD Screener : DVD Screener adalah copy film dalam bentuk promosi (belum di release utk umum),yg di kirim dari sebuah perushaan film studio.(dalam bentuk DVD Disk) yg belum di sensor atau di kritik dsb. biasanya film2 DVD Screener sudah beredar dahulu di internet (di bajak dari orang dalam) dalam bentuk SVCD, DivX, XviD or DVDR. copy an dari DVD Screener biasanya memiliki kualitas yg baik sama dengan final realese nya. kekurangan nya biasanya di sertai dengan ekstra film lain nya.
58) DivX Re-Enc : sesuatu jenis format yg di ambil dari sumber VCD asli dan kemudian di re-encoded menjadi kecil seperti DivX file. biasanya format seperti itu hanya di temukan pada file sharing.
59) ZIP : sebuah program untuk membuat paket data yang berisi beberapa data. Program ini akan menghasilkan file *.ZIP. Program ini sudah ada dalam versi windows juga, contohnya WINZIP 7.0.
60) Color Clip : Background warna yaang digunakan pada movie. Sering digunakan untuk memberikan judul atau tulisan pada video.
61)  Compression : Pemadatan ukuran file yang membuat ukuran file menjadi lebih kecil dari ukuran sebenarnya
62) Data Rate : Banyaknya data setiap detik yang dapat ditranfer atau dibaca. Contoh CDROM mempunyai Data Rate lebih rendah dibandingkan Harddisk.
63) Crane : gerakan kamera meninggi atau merendah.
64) Following : gerakan kamera mengikuti objek atau actor
65)  Bird Eye View : Teknik pengambilan gambar yang dilakukan dengan ketinggian kamera berada di atas ketinggian objek. Hasilnya akan terlihat lingkungan yang luas dan benda-benda lain tampak kecil dan berserakan.
66) High Angle: Sudut pengambilan dari atas objek sehingga mengesankan objek jadi terlihat kecil. Teknik ini memiliki kesan dramatis yaitu nilai "kerdil".
67) Low Angle : Sudut pengambilan dari arah bawah objek sehingga mengesankan objek jadi terlihat besar. Teknik ini memiliki kesan dramatis yaitu nilai agung/ prominance, berwibawa, kuat, dominan.
68) Eye Level : Sudut pengambilan gambar sejajar dengan objek. Hasilnya memperlihatkan tangkapan pandangan mata seseorang. Teknik ini tidak memiliki kesan dramatis melainkan kesan wajar.
69) Frog Eye : Sudut pengambilan gambar dengan ketinggian kamera sejajar dengan alas/dasar kedudukan objek atau lebih rendah. Hasilnya akan tampak seolah-olah mata penonton mewakili mata katak.
70) Extreme Close Up (ECU/XCU)  : Pengambilan gambar yang terlihat sangat detail seperti hidung pemain atau bibir atau ujung tumit dari sepatu.
71)  Big Close Up (BCU) : Pengambilan gambar dari sebatas kepala hingga dagu.
72) Close Up (CU)  : Gambar diambil dari jarak dekat, hanya sebagian dari objek yang terlihat seperti hanya mukanya saja atau sepasang kaki yang bersepatu baru
73) Medium Close Up (MCU) :Hampir sama dengan MS, jika objeknya orang dan diambil dari dada keatas.
74) Frame Rate : Jumlah frame tiap detik pada video. Contoh NTSC video memiliki Frame Rate 29.97 frames per second (fps),
75) NTSC/PAL NTSC : Merupakan video standard di North America, Japan, Taiwan, dan beberapa daerah lainnya. Sedangkan PAL sering digunakan di Europe, Australia, New Zealand, China, Thailand, dan beberapa negara Asia lainnya
76) Project File : Pada Ulead VideoStudio file project (*.VSP) memuat informasi link keseluruhan data tentang Gambar, Audio, dan video file.
77) QUICK TIME : adalah player multimedia yang dapat dijadikan sebagai plugin pada webbrowser untuk memainkan format file video QuickTime Movie. Dikembangkan oleh Apple Computer
78) Long Shot (LS)  : Pengambilan secara keseluruhan. Gambar diambil dari jarak jauh, seluruh objek terkena hingga latar belakang objek.
79) Medium Long Shot (MLS)  : Gambar diambil dari jarak yang wajar, sehingga jika misalnya terdapat 3 objek maka seluruhnya akan terlihat. Bila objeknya satu orang maka tampak dari kepala sampai lutut.
80) Cut to Cut : Peralihan gambar dari adegan satu ke adegan lainnya secara langsung tanpa pemakaian transisi.
81)  Chroma Key  : Sebuah teknik efek visual dimana adegan shooting dilakukan dengan latar belakang layar berwarna tertentu (biasanya hijau atau biru). Pada proses editing, warna layar yang digunakan ini menjadi key untuk dihilangkan (dijadikan transparan) untuk diisi dengan gambar background yang telah disiapkan untuk tujuan itu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar